8 Ogoh-Ogoh Ramaikan Tawur Agung Kesanga Propinsi Banten



Sinar Banten - Serang

Umat Hindu se-Propinsi Banten, Minggu (30/3) berkumpul di Pura Wira Eka Anantha - Serang untuk mengikuti dan menyaksikan Parade Ogoh-Ogoh sekaligus mengikuti proses Tawur Agung Kesanga. Terdapat 6 Ogoh-Ogoh yang dilombakan serta 2 ogoh-ogoh hiburan yang dipersembahkan oleh adik-adik dari Pasraman Ciledug dan Tangerang. Dalam momen ini, umat Hindu berdoa untuk tercapainya kedamaian di negeri ini, terutama menjelang penyelenggaraan Pemilu 2014.

Sebelumnya pada Sabtu (29/3) para umat hindu se-Propinsi Banten telah terlebih dahulu menggelar upacara Melasti di Pantai Salira. Selanjutnya pada Senin (31/3) umat akan melakukan Catur Brata Penyepian. Catur Brata Penyepian berisi Amati Geni atau menjauhkan dari api, Amati Karya berarti tidak bekerja, Amati Lelungan berarti tidak bepergian, serta Amati Lelaguan atau tidak membunyikan suara.

Untuk diketahui bahwa Di Provinsi Banten terdapat enam banjar, yaitu Banjar Tangerang, Banjar Serang, Banjar BSD (Tangerang Selatan), Banjar Rempoa, Banjar Ciledug dan Banjar Tigaraksa Sodong. Tawur Agung Kesanga digelar sebagai upacara penutup tahun dan menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1936. Dalam upacara tersebut diisi dengan doa bersama segenap umat Hindu bertempat di kawasan Jaba Sisi Pura Wira Eka Anantha, Jalan Baladika II Komplek KOPASSUS Grup I, Taman Serang, Tatakan, Banten. Peserta mulai dari anak-anak hingga orang tua tumpah ruah dalam prosesi Tawur Agung Kesanga. 

Pada kesempatan tersebut hadir Komandan Group 1 Kopasus yang sekaligus diberikan mandat untuk membuka Parade Ogoh-Ogoh. Dalam sambutannya,  Komandan Group 1 Kopasus mengatakan ini untuk yang pertama kalinya dirinya menyaksikan parade ogoh-ogoh. lebih lanjut dia mengatakan bahwa tidak perlu jauh-jauh datang kebali , akan tetapi Bali yang datang kesini, ujarnya sembari mendapatkan sorak tapuk tangan dari semua Umat yang hadir . Dalam Tawur Agung Kesanga , hadir pula Perwakilan dari kementrian agama provinsi Banten, Ketua PHDI Provinsi Banten.

Parade Ogoh-ogoh mengambil rute dari lokasi tawur agung kesanga keluar dari komplek kopasus menuju arah jalan raya utama dan kembali masuk ke komplek kopasus dengan menempuh jarak kurang lebih 3km dari Start menuju Finish. Tampatk antusias masyarakat sekitar yang begitu tinggi menyaksikan parade Ogoh-ogoh, terlihat banyaknya masyarakat yang langsung keluar dari rumah masing-masing sepanjang jalan yang dilalui. Tak ketinggalan bahkan pengguna jalanpun yang sengaja menghentikan perjalannnya hanya untuk menonton dan mengabadikan parade ogoh-ogoh. (DN - AN)
Previous
Next Post »

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Sejenak Untuk Berkunjung ke SINAR BANTEN , Semoga Bisa Bermanfaat Untuk Umat Semua Dimanapun Berada .

www.hindubanten.com ConversionConversion EmoticonEmoticon