Umat Hindu Sosialisasikan Parade Budaya Ogoh-Ogoh di Car Free Day Jakarta



Sinar Banten - Umat Hindu yang ada di Jakarta, Minggu (15/3) pagi melaksanakan kegiatan sosialisasi Parade Budaya Ogoh-Ogoh yang akan dilaksanakan pada hari Jumat (20/3) bertempat di silang Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat.

Umat Hindu yang diakomodir oleh Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah) DKI Jakarta dan umat Pura Agung Wira Satya Bhuana - Tanah Abang, menggelar aksinya dengan mengambil rute dari depan gedung Sapta Pesona menuju Sarinah dan kembali ke Monas.


Menurut Ketua DPP Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah) DKI Jakarta Made Widhi Adnyana Surya Pratita, ogoh-ogoh merupakan karya seni dalam bentuk patung yang menggambarkan kepribadian Bhuta Kala. Yaitu dorongan dan keinginan negatif dalam diri manusia.

"Ogoh-ogoh itu diarak sebagai simbol bahwa dalam keseharian kehidupan manusia, selalu digoda. Yakni oleh ke-enam dorongan dan kekuatan negatif di dalam dirinya. Setelah diarak, ogoh-ogoh itu biasanya dibakar " jelas Made, usai menggelar kegiatan sosialisasi.

Ratusan umat yang mengiringi Ogoh-ogoh berbentuk Celuluk mendapat perhatian warga Jakarta yang sedang bedara di Car Free Day. Dengan diiringi tabuhan baleganjur, penggotong Ogoh-ogoh tampak sangat semangat dengan sesekali memutar nya saat alunan baleganjur dipercepat dan diperkeras.

Kegiatan sosialisasi seperti ini memang rutin digelar sebelum perayaan Hari Raya Nyepi guna memberitahukan kepada warga yang ada di Jakarta khususnya, untuk datang dan menyaksikan parade budaya Ogoh-ogoh saat tawur agung nanti.
Previous
Next Post »

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Sejenak Untuk Berkunjung ke SINAR BANTEN , Semoga Bisa Bermanfaat Untuk Umat Semua Dimanapun Berada .

www.hindubanten.com ConversionConversion EmoticonEmoticon