Pujawali Pura Dharma Sidhi ke 46


Sinarbanten.com . Astungkara, Pujawali Pura Dharma Sidhi Ciledug Tangerang Banten yang ke 46 telah dilaksanakan pada Rabu, 21 Desember 2016, Budha Kliwon Ugu kemarin dengan baik dan lancar. Pujawali merupakan hal penting yang dilaksanakan oleh umat berkaitan dengan tonggak berdirinya suatu tempat suci yaitu Pura. Demikian halnya dengan Pura Dharma Sidhi Ciledug Tangerang yang berdiri secara Niskala (prosesi Ngenteg Linggih) pada Budha Kliwon Ugu sesuai dengan perhitungan kalender Bali, sehingga setiap hari yang sama akan dilaksanakan pujawali (7 Bulan Masehi). Pujawali sebagai ungkapan rasa syukur umat Hindu atas segala waranugraha yang telah dilimpahkan  Ida Sanghyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa.


Pujawali Pura Dharma Sidhi yang telah dipersiapkan sejak awal yang didahului dengan Nuasen Karya, Ngayah mempersiapkan aneka sarana dan Prasarana, Matur Piuning ke Pura-Pura se Provinsi Banten, kemudian Nuur Tirtha / Pekuluh ke Pura-Pura se Jabodetabek dan pada Puncak acara Pujawali dipersembahkan Tari Wali Topeng Sidha Karya dan Tari Rejang. 

Semua kegiatan ini dibimbing dan dipuput oleh Manggala Upakara dan Upacara , Ida Pedanda Nabe Gede Putra Sidemen. Puncak Pujawali diawali dengan Ida Pedanda Nabe Gede Putra Sidemen Mepuja, Upacara Pecaruan Eka Sata, Melaksanakan Upacara Durmanggala dan Prayascita, Nedunang dan Ngelinggiang Ida Bethara, Narpana, Persembahan Tari Topeng Sidha Karya dan Tari Rejang Dewa serta Persembahyangan Bersama Nunas Wangsupada Ida Bethara. Persembahyangan umat selanjutnya dan pelaksanaan Upacara Nyineb pada pukul 00.00 WIB dipimpin oleh Pinandita.


Seperti tradisi yang telah dilaksanakan dalam setiap pujawali, Pekuluh-Pekuluh dari seluruh Pura yang ada di Propinsi Banten telah hadir sebelum Puncak Pujawali yang diiringi umat-nya yaitu  Pekuluh dari Pura Agung Eka Wira Anantha Serang, Pekuluh Pura Kertajaya Tangerang, Pekuluh Pura Merta Sari Rempoa dan Pekuluh Pura Parahyangan Jagat Guru BSD.


Dalam Dharma Wacananya, Pembimas Hindu Kementrian Agama Provinsi Banten Bapak Drs. Sunarto mengajak umat Hindu bersatu padu mewujudkan Hindu yang maju, berkembang dan jaya. Hindu kembali Jaya seperti jaman-jaman Majapahit. Umat Hindu di Propinsi Banten ini harus berkembang dan bersatu tanpa memandang perbedaan-perbedaan asal daerah. Hindu yang berkualitas, dengan generasi Hindu yang loyalis terhadap agamanya. Keberagaman Hindu di Indonesia merupakan kekuatan yang harus dikembangkan dan dikedepankan agar persatuan dan kesatuan umat Hindu menuju kekejayaannya dapat tercapai.  (Sekretaris)


Previous
Next Post »

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Sejenak Untuk Berkunjung ke SINAR BANTEN , Semoga Bisa Bermanfaat Untuk Umat Semua Dimanapun Berada .

www.hindubanten.com ConversionConversion EmoticonEmoticon