MELASTI SEBAGAI MEDIA PENYUCIAN DIRI DAN ALAM SEMESTA


MELASTI SEBAGAI MEDIA PENYUCIAN DIRI DAN ALAM SEMESTA

Melaksanakan swadharmaning agama didaulat sebagai pengisi Dharma Wacana pada Upacara Melasti/ Mekiyis/ Melis atau Sedekah Laut dalam rangka Hari Suci Nyepi 1939 Caka tingkat Provinsi Banten di Laut Tanjung Pasir, Tangerang Banten (26-Maret-2016).


Sebagai media penyucian diri bagi Umat Hindu,dalam menghadapi pergantian tahun, dengan menyucikan jiwa (Microcosmos) dan menyucikan alam semesta (Macrocosmos), "Nganyutaken laraning jagat paklesa letuhing buana" (Lontar Sang Hyang Aji Swamandala).

Umat Hindu dengan dasar keyakinannya mengawali pergantian tahun dengan mulat sarira, 'angrungu swaraning asepi'  instropeksi dan retropeksi untuk kehidupan diri dan alam semesta yang lebih baik dan lebih berkualitas, di tengah- tengah kehidupan yang penuh dengan dilema dan problematikanya.

Di sisi lain, pelaksanaan Hari Suci Nyepi adalah sebagai implementasi simbol suci Swastika yang tidak lain juga merupakan ejawantah dari konsep Tri Hita Karana, wujud harmonisasi antara manusia dengan Tuhan/ Parahyangan, hubungan antar manusia/ Pawongan, dan hubungan manusia dengan alam semesta/ Palemahan. Juga merupakan wujud nyata dari ajaran Mahawakya, "Sarva Kalvidham Brahman,dan Vasudaiva Kuthumbhakam".

Semoga, Sastra- sastra Suci yang kita jadikan sebagai penuntun, pedoman dan petunjuk hidup Umat Hindu, senantiasa dapat kita jadikan suluh hidup untuk mewujudkan harapan hidup kita secara pribadi dan kesejahteraan masyarakat atau "Dharma Sidhiyarta"

Tuhan akan dekat kepada hamba- hambanya yang senantiasa sadar akan penciptaannya, merenungkan dan mengabdikan kepadaNya, yang selalu menyepikan diri di tengah keramaian dunia.

Selamat melaksanakan Catur Brata Penyepian, semoga di tahun Caka 1939 kita diberikan karunia kesehatan, keselamatan dan kebahagiaan.

"Ojo Dumeh, Eling lan Waspodo"

Naskah – Bapak Surono
Previous
Next Post »

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Sejenak Untuk Berkunjung ke SINAR BANTEN , Semoga Bisa Bermanfaat Untuk Umat Semua Dimanapun Berada .

www.hindubanten.com ConversionConversion EmoticonEmoticon