Sesaji Gunungan Wisuddha Bumi/ Sedekah Bumi



"Satyam brhad, rtam ugram diksam tapo brahma yajna perthiwi dharayanti.."

(Atharva Veda. XII.I.I): sesungguhnya Satya/ kebenaran, Rta/ hukum alam yg bersumber dari Veda, Diksa/ Penyucian diri, Tapa/ pengendalian diri, Brahma/ mantra /doa dan Yajna/ persembahan suci adalah yang menyangga dunia ini.
Sesaji Gunungan

Astungkara, atas karunia Hyang Widhi Paguyuban MAJAPAHID Nusantara DPD. Banten mempersembahkan "Sesaji Gunungan Wisuddha Bumi/ Sedekah Bumi". Sesaji yang turut mewarnai prosesi Upacara Tawur Agung Kesanga, dalam rangka Hari Suci Nyepi Caka Warsa 1939 di Nista Mandala Pura Eka Wira Ananta, Kompleks Kopassus Group 1 Taman, Serang, Banten.

Banten Utama dalam tradisi Jawa ini pertama kali dipersembahkan pada perayaan Hari Suci Nyepi di Provinsi paling ujung di Pulau Jawa ini, dengan diarak oleh umat Hindu etnis Jawa lengkap dengan pasepan yang sebelumnya telah dipersembahkan bersamaan dengan Banten Tawur di Mandala Utama lokasi tawur. Sesaji yang terdiri dari berbagai hasil bumi, antara lain:

* Pala bungkah/ pala kependem: hasil bumi yang besar di dalam tanah, seperti: Ubi, singkong, talas dsb,
* Pala Gantung: hasil bumi yang besar di atas/ menggantung, seperti: buah- buahan, mangga, anggur, nanas dsb
* Pala Kesampar: hasil bumi yang besar di atas tanah, seperti: mentimun, semangka, melon dsb
* Pala Wija: hasil bumi yang berupa biji-bijian, seperti: kacang, kedelai, jagung, padi dsb.


Bagi Umat Hindu Jawa, sesaji tersebut adalah wujud konkreet persembahan kepada Ibu Pertiwi atas limpahan karunia yang telah kita nikmati, sehingga sebagai umat manusia memiliki kewajiban untuk mempersembahkan kembali sebagai ungkapan terima kasih dan wujud angayu bagia/ syukur.

Akhirnya terjawab sudah apa yang menjadi esensi dari makna persembahan "Sesaji Gunungan Wisuddha Bumi" jika kita korelasikan dengan makna dari Upacara Tawur Kesanga. Semoga apa yang kita haturkan sebagai persembahan yang keluar dari hati kita yang lascarya memberikan dampak yang positif bagi kehidupan kita dan alam semesta. 

Loka Samastha Sukhino Bhawantu..,semoga semua makhluk bahagia...


Naskah _ Bapak Surono 
Previous
Next Post »

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Sejenak Untuk Berkunjung ke SINAR BANTEN , Semoga Bisa Bermanfaat Untuk Umat Semua Dimanapun Berada .

www.hindubanten.com ConversionConversion EmoticonEmoticon