YOGA MASSAL: KOMITMEN HIDUP SEHAT TANPA NARKOBA.


YOGA MASSAL: KOMITMEN HIDUP SEHAT TANPA NARKOBA.

Panitia Nasional Perayaan Nyepi Saka 1939 tahun 2017 akan  menyelenggarakan Yoga massal dengan peserta 1.000 orang di Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata  Cibubur, tanggal 9 April 2017.

Ketua Panitia Penyelenggara Yoga Massal, Ni Nyoman Rai Sumawati SH.M.Kn menjelaskan, tema yang dikumandangkan dalam kegiatan tersebut adalah "Melalui yoga massal dan penyuluhan narkoba kita tingkatkan kualitas sumber daya manusia dan hubungan yang harmonis antar umat beragama".
Kegiatan olahraga ini diselenggarakan atas kerjasama Panitia Nasional Nyepi Saka 1939 dengan Badan Narkotika Nasional.

Dipilihnya kegiatan Yoga Massal adalah sebuah filosofi tentang kehidupan yang dicapai melalui latihan olah tubuh, nafas dan meditasi berdasarkan delapan tangga kehidupan seperti Yama (moral), Niyama (disiplin), asana (postur), pranayama (kontrol nafas yang teratur), pratyahara (rasa), dharana (konsentrasi), dhyana (meditasi) dan samadhi (pencapaian kesadaran tertinggi dari meditasi).
Dengan pelaksanaan delapan tangga kehidupan tersebut, kita harapkan dapat membentuk manusia "baru" yang damai dan bahagia.

Setelah pelaksanaan Yoga Massal, akan dilaksanakan penyuluhan anti narkoba, yang akan disampaikan oleh Brigjen Pol (Purn) dr. Victor Pudjiadi.

Mengapa pentingnya dilakukan penyuluhan ini, mengingat bahaya narkoba bagi para pelajar dan generasi muda begitu sangat memprihatinkan belakangan ini.
Oleh sebab itu, pentingnya peran seluruh komponen bangsa termasuk lembaga Umat Hindu untuk turut serta membantu pemerintah mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Rai Sumawati juga menjelaskan bahwa tujuan kegiatan Yoga Massal tersebut adalah mempopulerkan Yoga, mengajak masyarakat hidup sehat dengan cara beryoga dan tanpa narkoba, mewujudkan SDM yang mampu bersaing di era globalisasi serta  mempererat ikatan persaudaraan antar sesama umat beragama.
Kegiatan yoga massal ini akan dibuka oleh kepala BNN, Komjen Pol Drs. Budi Waseso dan dihadiri Pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat dan Provinsi DKI Jaya,  dengan peserta berasal dari ummat Hindu se Jabodetabek, mulai dari anak-anak Sekolah Dasar, mahasiswa  hingga peserta dewasa dari  berbagai kelompok senam Yoga.

Gerakan Yoga Massal ini akan dipandu oleh Ni Made Arini, seorang praktisi yoga yang telah berpengalaman sebagai instruktur yoga lebih dari 15 tahun, dan dibantu oleh beberapa asisten.

Menurut koordinator Bakti Sosial Panitia Nyepi Nasional, drg. Nyoman Suartanu bahwa kegiatan bakti sosial dalam bentuk kegiatan Yoga Massal ini adalah sebagai peranserta umat Hindu dalam mewujudkan suatu kehidupan yang selaras dan harmoni yang berakar pada ajaran Tri Hita Karana, yaitu tiga dimensi yang saling terkait antara hubungan manusia dengan manusia (Pawongan),  manusia dengan alam (Palemahan) dan manusia dengan Tuhan (Parahyangan).
Demikian press release disampaikan oleh Koordinator Bidang Publikasi dan Dokumentasi Panitia Nasional Nyepi 1939, Ida Bagus Alit Wiratmaja SH MH.


Press Release – Bapak Ida Bagus Alit Wiratmaja SH MH.
Previous
Next Post »

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Sejenak Untuk Berkunjung ke SINAR BANTEN , Semoga Bisa Bermanfaat Untuk Umat Semua Dimanapun Berada .

www.hindubanten.com ConversionConversion EmoticonEmoticon