YOGA Filsafat Hindu ; Sad Darsana



YOGA

Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu (sad dharsana) yaitu 1. Nyaya Darśana, 2. Waiśesika Darśana,  3. Sāmkhya Darśana, 4. Yoga Darśana, 5. Mīmāmsa Darśana, dan 6. Wedānta Darśana. Yoga menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan. Yoga berarti "penyatuan", yang bermakna "penyatuan dengan Sang Pencipta".

Pada intinya ajaran yoga bertujuan untuk mengembalikan jiwa individu kepada kedudukan asalnya sebagai bagian dari Tuhan yang abadi, dengan jalan membersihkannya dari segala ikatan maya (Triguna : satwam, rajas, tamas) sehingga ia sadar akan jati dirinya sebagai jiwa (Atman). Atman didorong untuk melepaskan diri dari ikatan yang diakibatkan oleh perubahan citta yang muncul dari rintangan-rintangan guna, menimbulkan kesusahan dan kesedihan di dalam hidup yang disebut klesa. Klesa ada lima bagian yaitu : Awidya (Kebodohan), Asmita  (Keakuan), Raga (Keterikatan), Dwesa (Kebencian), Abhiniwesa (Ketakutan).  Kelima klesa ini dapat dilenyapkan dengan jalan melaksanakan kriya yoga sehingga  mencapai samadhi.

Yoga secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu Hatha Yoga (Gratastha Yoga ), dan Samadhi Yoga yang salah satu bentuknya adalah Raja Yoga. Hatha yoga secara spesifik menangani proses latihan fisik guna membentuk jasmani yang kokoh, nantinya menjadi dasar menuju tingkatan Raja Yoga, guna kemampuan untuk mengendalikan gerak pikiran, mengingat didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang bersih .

Maharsi patanjali memberikan tahapan2 dalam pelaksanaan yoga yang lebih dikenal dengan sebutan Astangga Yoga (8 tahapan Yoga) yaitu Pengekangan diri (Yama), kepatuhan yang mantap (Niyama), sikap badan (Asana), pengaturan pernafasan (Pranayama), penyaluran (Pratyahara), pemusatan/konsentrasi (Dharana), perenungan (Dhyana), penyerapan/penyatuan (Samadhi).

Bagi orang Hindu, Yoga adalah bagian dari proses pemujaan sehari-hari. Sebagai contoh, tahapan Asana dan Pranayama adalah proses yang secara simple dilakukan sebelum doa. Mantra2 dalam Yoga juga diambil dari kitab2 Weda, baik ucapan OM (AUM, aksara Tuhan), so ham (aku adalah Tuhan), dan sebagainya. Dalam perkembangannya, praktek Yoga terutama bagian Hatha Yoga (pengendalian fisik) dikemas dan dipraktekkan untuk semua golongan sehingga disesuaikan terutama pada mantra2 yang digunakan. Namun seberapapun nafas dan mantra Hindu dicabut dari praktek Yoga, tetap saja istilah Yoga sendiri merupakan istilah Vedic. Dalam Catur Marga (4 jalan menuju Tuhan), Yoga merupakan salah satu marga yang disebutkan sebagai jalan untuk mencapai penyatuan dengan Tuhan.

Maka ketika seseorang melaksanakan praktek Yoga, sebagian dari dirinya telah menjadi Hindu, atau setidaknya mengikuti dan mempraktekkan salah satu ajaran Hindu. Yoga, yang diajarkan para Maharsi sejak ribuan tahun yang lalu, semakin menemukan momentumnya dan semakin dirasakan manfaatnya di dunia yang semakin modern saat ini. Yoga, adalah salah satu sumbangan Hindu pada umat manusia dan dunia.

9 April 2017.
Naskah oleh : I Ketut Budiasa .

Dari Lapangan Jambore, Cibubur. Yoga massal dalam rangka perayaan Nyepi Caka 1939.
Previous
Next Post »

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Sejenak Untuk Berkunjung ke SINAR BANTEN , Semoga Bisa Bermanfaat Untuk Umat Semua Dimanapun Berada .

www.hindubanten.com ConversionConversion EmoticonEmoticon