Keguyuban Umat Hindu Provinsi Banten


Segilik seguluk, selunglung sebayan taka, paras paros sarpanaya menyama braya merupakan ciri khas umat Hindu dimanapun berada. Ciri ini sebagai symbol kehidupan bersama dalam satu kesatuan keluarga; membangun kohesi sosial, solidaritas sosial, suka dan duka. Semangat untuk bersatu dalam suka-duka sangatlah besar, semangat ini sering kita sebut Guyub.

Keguyuban kami umat Hindu di provinsi Banten sangatlah baik walaupun berasal dari berbagai daerah di Bali maupun Jawa. Berasal dari satu tanah leluhur, baik yang dari Bali ataupun yang dari Jawa, setiap insan manusia Hindu telah sama-sama diwarisi sifat-sifat adi luhur akan nilai-nilai agama, sosial dan budaya.

Dalam setiap kegiatan keagamaan, sosial dan budaya, kami di provinsi Banten selalu melibatkan umat dan banjar suka-duka yang ada, yaitu Suka Duka Hindu Dharma (SDHD) Banjar Tangerang, SDHD Banjar Serang, SDHD Banjar Ciledug, SDHD Banjar Tangerang Selatan, SDHD Banjar Rempoa, SDHD Banjar Taman Asri dan SDHD Banjar Tigaraksa. Tentunya tidak terlepas dari semangat-semangat yang selalu dibangun oleh lembaga-lembaga keumatan seperti Parisada baik PHDI Provinsi maupun kota/kabupaten serta dari  ibu-ibu WHDI dan Serathi Banten.


Seperti halnya dalam persiapan Pujawali Pura Dharma Sidhi Ciledug yang ke 48, yang puncak pujawali pada Budha Kliwon Ugu (Rabu, 14 Februari 2018), kami melaksanakan kegiatan Ngayah Umum yang dihadiri oleh seluruh umat dan Banjar Suka Duka se provinsi Banten.


Pekedek Pekenyung Menyama Braya, begitu indah dan romantisnya umat kita di provinsi Banten ini. Sangat disayangkan bila kita tidak bisa hadir menjadi bagian dari mereka.  Ngaturangayah (gotong royong)  dalam mengerjakan sarana pujawali menjadi sangat menyenangkan dan tentunnya pekerjaan menjadi ringan. Ngiring sareng sami stata menjaga keguyuban ini dalam setiap kegiatan keagamaan, sosial maupun budaya. Om Tat Sat.



Previous
Next Post »

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Sejenak Untuk Berkunjung ke SINAR BANTEN , Semoga Bisa Bermanfaat Untuk Umat Semua Dimanapun Berada .

www.hindubanten.com ConversionConversion EmoticonEmoticon