EVERYONE CAN BE JOURNALIST




Berkembangnya dunia Media Sosial membuat “hobby” manusia kian bertambah salah satunya menjadi “jurnalis”. Konsep Citizen Journalism – dipetik dari wikipedia – menyatakan publik atau warga negara memainkan peran aktif dalam proses pengumpulan, pelaporan, analisis dan penyebaran berita dan informasi. Guna memberikan pendidikan jurnalis yang positif pada generasi muda, pada hari Minggu 30 September 2018, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Banten, tepatnya Bidang IV mengadakan workshop dengan tajuk Youth Hindu Journalistic Writing Skills Workshop "Ayo Menulis Peluang dan Tantangan Jurnalisme di Era Digitalisasi" di Wantilan Pura Kertajaya Tangerang.

Wartawan Senior yang juga ketua PHDI Banten , Ida Bagus Alit Wiratmaja, S.H, M.H memberikan materi mengenai kewartawanan, kode etik Jurnalistik, menulis yang aman, nilai berita yang positif dan bukan hoak. Penekanan pada cara penulisan berita atau artikel mengenai keagamaan menjadi fokus yang sangat diharapkan untuk disebarluaskan melalui media baik media nasional maupun media milik parisada. Pemateri yang kedua, Ketua Badan Penyiaran Hindu, I Ketut Budiasa, memaparkan pentingnya menulis bagi umat Hindu, lebh-lebih sebagai generasi muda yang akan menjadi generasi penerus budaya dan agama Hindu. 


Antusiasme peserta sangat luar biasa, pemahaman akan materi terlihat dari tulisan-tulisan yang terkumpul pada akhir acara. Kita sangat berbangga dengan potensi jurnalism yang dimiliki generasi milenial ini. Artikel berita yang ditugaskan oleh panitia sebagai bentuk nyata dari kegiatan workshop ini sudah memiliki nilai berita, sudah mencakup bentuk standar dari sebuah berita media masa.

Menjadi tugas lembaga untuk tetap menjaga konsistensi dari kegiatan ini. Kami telah  menyediakan media sebagai “lahan” menyampaikan informasi berupa website, www.phdibanten.org,  www.hindubanten.com, dan tabloid sinar banten. Tentunya dari kegiatan ini semakin meningkat kegiatan jurnalis - Citizen Journalism – yang bernilai positif.

Unduh Materi : Ayo Menulis
Previous
Next Post »

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Sejenak Untuk Berkunjung ke SINAR BANTEN , Semoga Bisa Bermanfaat Untuk Umat Semua Dimanapun Berada .

www.hindubanten.com ConversionConversion EmoticonEmoticon