Upacara Metatah Massal Banjar Tangerang



Upacara Metatah Massal Banjar Tangerang, Minggu 4 November 2018 ring Wantilan Pura Kertajaya Tangerang Banten, yang diikuti oleh umat Hindu dari seluruh provinsi Banten. Dengan total peserta metatah sebanyak 135 peserta, dengan 10 orang Sangging.

Upacara Manusa Yadnya Metatah Massal yang digagas Ketua SDHD Banjar Tangerang, I Gusti Made Artha dan Ketua Yayasan Vidya Kertajaya Ketut Jono, berdasarkan pada aspirasi umat, telah berlangsung dengan lancar dan sukses.

Upacara metatah massal banjar Tangerang dipuput oleh Ida Pandita Putra Mada Manuaba dari griya perum dan di dampingi oleh 10 jero mangku yang bertugas sebagai sangging metatah.

Sebelum peserta metatah di sangging atau di potong giginya dilakukan upacara sungkeman, ini sebagai pesan orang tua kepada anaknya dan bakti janji anak kepada orang tua nya. Di pagi harinya dilaksanakan upacara megumipadangan dan mebiakala. Dihari yang sama juga dilaksanakan Upacara menek kelih atau upacara raja singa untuk laki laki dan raja swala untuk perempuan yang  artinya seluruh peserta sudah meranjak dewasa

Panitia yang diketuai oleh bapak Wayan Sukania menyiapkan 10 tempat sangging dan 10 Pemangku penyangging untuk melayani 135 peserta metatah.

Kegiatan ini dihadiri pula  ketua PHDI Prov. Banten, Pembimas provinsi Banten dan PHDI kota kabupaten Tangerang, dan diliput oleh televisi nasional BaliTV

Penulis Berita : Made Purnawan

Berikut Foto Dokumentasi Upacara Metatah
 Ida Pandita Putra Mada Manuaba
  
 
Dipagi hari dilaksanakan upacara megumipadangan dan mebiakala
 10 tempat sangging
upacara sungkeman
Upacara menek kelih

Previous
Next Post »

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Sejenak Untuk Berkunjung ke SINAR BANTEN , Semoga Bisa Bermanfaat Untuk Umat Semua Dimanapun Berada .

www.hindubanten.com ConversionConversion EmoticonEmoticon