MAKNA CERITA DEWA RUCI


*MAKNA CERITA DEWA RUCI*

Bima menaklukkan Gunung ReksoMuko yang dijaga 2 raksasa, Rekso / Raksa = ngrekso = menjaga, Muko / Muka = wajah. Artinya Bima harus mengenali dan memahami penjaga wajahnya sendiri. Ternyata wajahnya dijaga oleh 2 raksasa, yang begitu dikalahkan berubah menjadi Dewa Indra dan Dewa Bayu, artinya Bima telah berhasil memahami Panca Indra dan arti Pernafasan, sebagai sarana mendapatkan amerta kehidupan. Artinya Bima berhasil mengendalikan pancaindera dan pernafasan. Dua Raksasa yang awalnya sebagai penghalang, tetapi begitu ditaklukkan justru malah membantu, artinya Panca Indra dan pernafasan yang awalnya mengganggu kemudian membantu dalam mendapatkan amerta. Panca indra dapat dikendalikan melalui upawasa dan tarak brata, tapa brata & puja brata (Catur Brata). Pernafasan dapat dikendalikan melalui disiplin pranayama.


BACA JUGA : PUNAKAWAN GARENG PETRUK SEMAR BAGONG

Setelah berhasil mengendalikan keduanya, Bima kemudian mencari “Atining Banyu” atau hati air. Air = sumber kehidupan, Ati air = sumber kehidupan / Tuhan YME. “Atining banyu” tersebut berada di tengah Laut / Samudera “Minang Kalbu”, Minang = menang, Kalbu = hati / batin. Artinya Bima harus mampu mengendalikan dan memenangkan gejolak batinnya.


Bima harus mengalahkan Naga Sembur Nawa yang membuat laut bergejolak, Naga = simbol nafsu, Nawa = sembilan, maknanya adalah Bima harus mengendalikan 9 nafsu yang ada pada diri manusia yang menjadi sumber kehancuran apabila tidak dapat dikendalikan, yang kemudian setelah berhasil dikendalikan menjadi 9 kekuatan dan kebijaksanaan.


Baru kemudian Bima berhasil bertemu dengan Dewa Ruci / Penguasa Alam Semesta, yang wajah dan perawakannya menyerupainya, artinya setelah berhasil mengendalikan dirinya/ Ingsun (egonya), ia dapat bertemu dengan SejatineIngsun. Atman dan Brahman menyatu. Di sinilah terjadi proses "Manunggaling Kawula lan Gusti" penyatuan Ingsun (atman) lan Sejatine Ingsun (Brahman).



Cerita Lengkap Pagelaran Dewa Ruci klik disini

Penulis : BPH-Surono

 

Previous
Next Post »

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Sejenak Untuk Berkunjung ke SINAR BANTEN , Semoga Bisa Bermanfaat Untuk Umat Semua Dimanapun Berada .

www.hindubanten.com ConversionConversion EmoticonEmoticon