Gayatri Sebagai Mantra Yoga


Percikan Dharma
Gayatri Sebagai Mantra Yoga
Oleh : Aris Widodo

Umat se-dharma, bahwa Yoga sekarang amat populer, bukan hanya di India, tapi diseluruh dunia, bahkan juga di Indonesia. Yoga Asana atau Hatta Yoga adalah yoga yang dikenal oleh masyarakat. Yoga Asana adalah latihan-latihan gerakan badan yang disertai pengaturan nafas (pranayama).

Selain itu juga dikenal dengan Yoga Kundalini, latihan-latihan membangkitkan kekuatan sakti tersembunyi di dalam badan manusia yang bersumber di Muladara Cakra, seperti yang diajarkan oleh guru-guru Raja Yoga antara lain Sri Svami Sivananda.

Kata Yoga berasal dari kata yuj, artinya menghubungkan Atma atau roh yang berada di dalam badan dengan Paramatma, Tuhan Yang Maha Esa yang bersemayam di dalam hati. Yoga berarti penahanan, pengekangan atau pengendalian gerak gerik sang pikiran. Jika sang pikiran sifatnya goyah, tak tetap setiapsaat badan bisa berubah, lincah mengembara ke sana ke mari, dapat dikekang atau dikendalikan dengan latihan-latihan yoga, maka ini akan sangat membantu mempermudah hubungan dengan Tuhan.

Yoga adalah cara dan proses hubungan diri sejati dengan Tuhan. Dia adalah jalan yang harus ditempuh untuk menuju keinsafan diri, kebahagiaan murni, hubungan cinta kasih rohani dengan Tuhan. Yoga Marga  ini atau jalan Yoga ini ada beberapa macam yaitu Svara Yoga, Nada Yoga, Hatta Yoga, Raja Yoga, Bhakti Yoga, Karma Yoga, Jnana Yoga, Vibhuti Yoga, Mantra Yoga dan lain-lain.

Pengucapan Gayatri Mantra  dalam hal ini adalah termasuk dalam mantra yoga. Man menunjukkan manah atau pikiran dan tra menunjukkan trayate, berarti melindungi, menyelamatkan (man avabodhane, tra palace iti). Jadi mantra berarti melindungi atau menyelamatkan pikiran ( dan kecerdasan) orang yang mengucapkannya.
Previous
Next Post »

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Sejenak Untuk Berkunjung ke SINAR BANTEN , Semoga Bisa Bermanfaat Untuk Umat Semua Dimanapun Berada .

www.hindubanten.com ConversionConversion EmoticonEmoticon